hassan blog


Share/Save/Bookmark
Lihat Bentuk dan Resin
Kiprok yang bagus seperti orisinal memang susah dilacak secara kasat mata. Perlu pengujian atau pengukuran.

Namun jika mau dilacak senidiri silakan. Atau mari bertanya pada ahlinya. Bunyamin dari bagian pengembangan produks Indoparts angkat bicara.

Katanya, paling awal kenali dulu dari bentuk. Cari yang mirip orisinal. Sehingga diharapkan rangkaian elektronik kiprok juga jadi ikut mirip yang ori.

Jika mirip yang ori, biasanya sistem pendinginannya juga sama. Komponen kelistrikan IC ditempel pada aluminium cetakan luar. Sehingga radiasi panas IC disalurkan lewat aluminium kemasan kiprok.

Yang kedua, perhatikan dari resin. Yaitu cairan kimia yang digunakan untuk membungkus rangkaian komponen kelistrikan kiprok.

Resin yang bagus berwarna hitam. Juga lebih lunak ketika ditekan pakai kuku. Harga resin ini memang cukup mahal, tapi tidak merusak rangkaian komponen kelistrikan kiprok.

Resin hitam atau putih yang keras harga per kilogramnya murah. Tapi, merusak komponen kelistrikan. Sifat kimianya mencengkeram part elektronik sampai rusak.

Paling penting lagi dan juga lebih bagus jika bongkar kiprok langsung. Isinya tidak semata komponen dioda. Harus didukung komponen elektronik lain. Sebab di dalam kiprok yang ideal harus mencakup dua fungsi. Sebagai regulator dan juga rectifier.

“Regulator bertugas sebagai penyesuai tegangan yang berlebihan. Dengan begitu lampu tidak cepat putus. Sedangkan rectifier sebagai sistem pengisian aki,” jelas Bunyamin yang berambut lurus itu.

0 comments:

Post a Comment


broiler speed Magelang