Suntikan Udara Segar 
Pasokan udara ke ruang bakar sangat mempengaruhi performa motor. "Dari prinsip itulah kami coba membuat tambahan pasokan udara ke intake sehingga hasilnya pasti langsung terasa di performa motor yang di buat di sistem air injection di Yamaha V-ixion. Tapi, ini hanya untuk motor injeksi lho.
Air injection berarti penginjeksian udara   tambahan ke ruang bakar. Hal yang harus dimodifikasi untuk instalasi ini   adalah pada bagian intake. "Kita buat lubang baru yang tujuannya menjadi   suntikan udara baru tadi,"
Lubang di bagian atas intake ini dibuat   seukuran 9,5 mm. Kemudian setelah dipasang semacam corong di lubang baru ini   disambungkanlah rangkain slang udara baru yang panjangnya mencapai 30 cm.
"Panjangnya slang itu tergantung dimana   posisi filter udara untuk saluran ini akan kita tempatkan," tambahnya.   Dengan ukuran 30 mm ini, maka bagian ujung slang yang terdiri dari filter   akan bisa diposisikan di bawah jok. Sedangkan diameter luar slang 10 mm saja.   Biasa dipakai untuk slang bensin atau pembuangan air aki.
Posisi ini memang perlu diperhatikan juga.   "Diusahakan jangan di tempat yang terlalu panas, sehingga udara yang   masuk juga tidak panas kan  ,"   kata pria berambut pendek ini.
Dgn membuat slang udara tadi bercabang dua.   "Sehingga akan ada dua ujung pipa yang akan menyuplai udara tambahan,   dari hasil uji coba dampaknya lebih terasa," katanya.
Pada bagian ujungnya memang terdapat filter   supaya menjamin kebersihan udara yang masuk ke intake. "Karena langsung   ke intake, udaranya harus bersihlah,"
Filter yang digunakan copotan filter oli Shogun   125. Setelah air injection terpasang memang harus dilakukan seting ulang CO.  "Setingan itu tergantung banyak hal, jika   masih knalpot standar, angkanya sekitar 4-6 saja," 

0 comments:
Post a Comment