hassan blog

memahami Perbedaan Karakter Karbu Vakum Dan Manual


Share/Save/Bookmark

Sekarang sudah banyak yang mengaplikasi alat pengabut vakum sebagai peranti standar.
Keuntungannya “Karburator vakum bisa menyesuaikan suplai bahan bakar dan udara dengan kebutuhan kinerja mesin,” Maksudnya, suplai bensin dan udara akan menyesuaikan dengan gerak piston alias daya sedot mesin ketika sedang bekerja.
 karburasi Vacum

Jadi, skepnya akan bergerak naik tidak hanya mengandalkan putaran grip akselerator saja. Bisa saja putaran grip dipelintir habis, skepnya tetap akan terangkat bertahap, sesuai putaran mesinnya.

Berbeda dengan karburator manual, throttle akan terbuka sesuai putaran grip gas, jadi bahan bakar dan udara akan tersalurkan sesuai bukaan tersebut. Meski, kebutuhan dalam ruang bakar belum memerlukannya.



 karburasi Manual

Itulah sebabnya karburator vakum lebih irit dibandingkan dengan karburator manual. Tetapi, semua ada kelebihan kekurangannya tentu. Urusan akselerasi, pastinya karburator manual akan lebih responsif terhadap mesin ketimbang vakum yang hanya mengandalkan isapan dari piston untuk pergerakan skepnya.

Lantas, ada lagi kelemahan karbu vakum ini, “Ini memang untuk jangka waktu cukup lama, misal 3 tahun, tetapi pasti akan terjadi

Karburator vakum ini sangat memanfaatkan kevakuman alias kekosongan udara agar bisa responsif terhadap isapan piston dari ruang bakar. Nah, hal ini berhubungan dengan membran yang ada di atas skep untuk menggerakkan skep itu sendiri.

Lantas soal jarum skep, pada karbu vakum umumnya tak perlu mengubah ketinggian jarum, karena sudah menyatu dengan selongsong skepnya. Sementara karbu manual bisa memilih ketinggian jarum skep untuk menentukan suplai bahan bakar yang diinginkan.

Tetapi, soal jetting karburator sih, sama saja. "Enggak ada bedanya, sama karburator manual," ungkap Tris. begitu pun soal setelan anginnya, sama persis dengan karburator manual. Pembeda utama ada pada membran saja.

Karena dipakai cukup lama, lama kelamaan, membran ini akan aus, bisa saja ada bagian yang sobek, meski kecil, atau juga membrannya melebar dari ukurannya

Membran klep

Sebagai perbandingan antara karbu vakum dan manual, tarikannya lebih terasa mulai dari putaran bawah hingga atas. “
sebenarnya tak perlu ada permasalahan, hanya tinggal penyesuaian saja. Jika ingin berkendara ekonomis, sebaiknya pilih karburator vakum, sementara tarikan responsif dan spontan bisa menggunakan karburator manual.

0 comments:

Post a Comment


broiler speed Magelang