hassan blog

Valve Seats,Dengan Bahan Berbeda, Khasiatnya Juga Berbeda


Share/Save/Bookmark
Banyak hal di kepala silinder, tak hanya sebagai sarang kem dan katup saja, melainkan ada hal-hal mendetail, seperti kubah silinder, sudut klep maupun dudukan klep atau valve seats. Berbicara soal valve seats ini, ada banyak bahan baku bisa digunakan.
Bahan baku (ki-ka) Besi cor, Bronze dan besi KNL




Valve seats sebelum terpasang diberi 'daging' dulu


Bos klep pun terbuat dari bronze disesuaikan batang katup

Aplikasinya banyak, mulai dari tunggangan harian, hingga kebutuhan untuk balap yang sudah menggunakan klep lebar, seperti diameter 24 dan 28. "Otomatis, perlu dudukan klep berbeda dibanding standarnya,"

Soal bahan pun beragam, ada yang terbuat dari besi cor, lantas bahan bronze dan besi KNL. "Umumnya yang dipakai adalah bahan ancuran (besi cor,red), dan bronze, kalau KNL itu pesanan saja,"

Bahan ancuran itu, biasanya dipakai menggantikan valve seats bawaan pabrik yang sudah aus. "Bawaan pabrik pun menggunakan bahan ancuran, namun sudah mengalami proses hardening sendiri agar lebih kuat,"

Biasanya, valve seats standar ini bisa habis setelah terkikis karena proses skir klep. Lantas, untuk menggantikannya lagi dipakai bahan yang mirip aslinya. Sedangkan bronze, digunakan pada tunggangan balap yang memang kinerjanya lebih berat.

"Bahan bronze cukup kuat, banyak dipakai pada motor-motor balap," Biasanya, setelah ganti pakai payung klep lebih besar, perlu valve seats lebih lebar juga. "Bahan ini mengandung magnesium, aluminium dan besi," Jadi, cukup kuat meski ringan.

Daya tahannya pun cukup lama, jika dipakai setahun seri balap pun tak akan rusak. "Tetapi, umumnya karena benturan antara klep dan piston, bisa mempengaruhi daya tahan valve seats dan bos klepnya,"

Maklum saja, tunggangan balap kerap pakai piston dengan kompresi tinggi alias jenong, bukan tak mungkin mengalami benturan dengan klep.
Lalu, jika ingin awet bagaimana? "Ketika melakukan skir klep, sebaiknya tak menggunakan bahan amril seperti biasanya, cukup gunakan autosol saja,"

Untuk membuat valve seats ini, biaya yang diperlukan adalah Rp 600 ribu untuk bahan KNL dan Bronze serta Rp 500 ribu untuk bahan besi ancuran alias besi cor.

Tak hanya valve seats, bahan bronze juga dipakai untuk bos klep. "Bisa disesuaikan dengan batang klep yang mungkin diameternya lebih lebar,"

0 comments:

Post a Comment


broiler speed Magelang