hassan blog

Honda Tiger Dapat Di Pasangi Kopling Hidrolik


Share/Save/Bookmark
 gambar 1
gambar 2
gambar 3

gambar 4

Salah satu penyebab bikers enggan menggunakan motor sport, adalah malas mesti meremas kopling. Apalagi pengendara di Ibukota yang rawan macet, di mana mesti sering melakukan setengah kopling untuk mempertahankan putaran mesin.


Jika tetap ingin pakai motor berkopling, namun tak ingin tangan kiri pegal, bisa mengantisipasi dengan mengaplikasi kopling bersistem hidraulik (gbr.1).


"Pakai sistem ini, tekanan pada tuas kopling jadi lebih empuk. Keuntungan lain tak ada lagi cerita kabel putus,"


Tertarik ingin pasang? Pertama cari barang yang diperlukan, terdiri dari kaliper kopling milik trail KTM dan master rem kiri universal (gbr.2), berikut slang rem. "Kaliper cari yang limbah saja, punya semua trail KTM bisa digunakan," terang bapak berputra 3 ini. Kalau sudah komplet, buka bak kopling lalu lucuti as stut kopling. Kemudian bawa ke tukang bubut untuk bikin dudukan kaliper (gbr.3).


"Bikin dulu dudukan pakai aluminium kotak, diameter lubang dan dratnya sesuaikan dengan kaliper yang didapat, setelah jadi baru dilas argon,"


Khusus Tiger keluaran tahun 2004 ke bawah mesti potong stut kopling (gbr.4), kalau tidak akan mentok pada kaliper. Dan jangan lupa menutup lubang as stut kopling, "Bisa pakai tutup magnet yang kecil, namun bikinkan drat dulu,"


Selanjutnya tinggal merakit slang dan memasang master rem pada setang. Lalu isi minyak, pakainya sama dengan minyak rem. Terakhir jangan lupa dipompa sampai angin yang terperangkap keluar semua, agar tak ada gejala kopling ngelos.

0 comments:

Post a Comment


broiler speed Magelang