hassan blog

Upgrade Gigi V-ixion Jadi 6 Speed Pakai Rasio Yamaha R15


Share/Save/Bookmark



Kelar meng-upgrade performa mesin seperti bore up, porting-polish, ganti knalpot dan lainnya, pastinya kalau dibarengi settingan mesin yang tepat akan bikin kemampuan mesin meningkat banyak. Kalau diukur pakai dynamometer, biasanya tenaga dan torsi naik. Atau paling gampang bisa dirasakan dari akselerasi maupun top speed.

Namun jika kedua faktor tersebut dianggap masih kurang, sektor berikutnya yang bisa dilirik adalah tansmisi. Misalnya dengan mengaplikasi close ratio atau bila perlu sekalian ganti transmisi 5-speed-nya (standar) pakai yang 6-speed

"Kalau pakai transmisi ini, akselerasi pasti akan meningkat karena perbandingan antar gigi lebih rapat, top speed juga naik karena ada gigi 6 yang lebih berat,"  Sangat cocok baik bagi yang suka berakselerasi cepat di jalanan perkotaan, maupun saat turing ke luar kota yang kerap memanjakan top speed.
 
Motor sport berfairing ini beredar di India. Secara basis mesin sama dengan V-Ixion, makanya bisa dipasang dengan mudah tanpa ubahan apapun pada rasio maupun crank case-nya.

Ada dua perbedaan utama antara rasio milik R15 dengan V-Ixion. Gigi 3 perbandingannya lebih rapat, baik terhadap gigi 2 maupun gigi 4-nya. Sehingga akselerasi dijamin bakal lebih cepat. Lalu pada gigi keenam, perbandingannya lebih overdrive, yang bisa berdampak meningkatnya pencapaian top speed. "Sedang gigi 1,2,4,5 sama dengan bawaan V-Ixion," 

Mari kita simak perbandingannya, bawaan V-Ixion gigi I = 34/12 (2,833), II = 30/16 (1,875), III = 30/21 (1,429), IV = 24/21 (1,143) dan V = 22/23 (0,957). Nah, sedang milik R15 gigi III = 30/22 (1,364) dan tambahan gigi VI = 21/25 (0,84).

Kendati hanya beda di gigi 3 dan tambahan gigi ke-6, namun pemasangan mesti satu set, karena ada perbedaaan dimensi. "Satu lagi, botol pemindah giginya (shift drum) juga mesti diganti," 

Jika rasio sudah terpasang, masih kata Fidel, sapaannya, penyesuaian mesti dilakukan pada rasio gir depan belakang. "Dari 41/14 diperingan jadi 44/13, agar baik akselerasi maupun top speed naik. Kalau tak di peringan maka gigi 6 tak akan terpakai," 

"Oh iya, sebaiknya memang diaplikasi pada besutan yang sudah up-grade performa. Kalau pada mesin standar malah mubazir, karena gigi 6 terlalu overdrive,"

1 comments:

arvi of wazzub said...

wah,,,mantap nih gan..kira bisa di beli dimana n harganya berapa?

lastchildarvi27@gmail.com

Post a Comment


broiler speed Magelang